Rabu, 17 Desember 2008

Nashihat Anas Bin Malik:

November 28, 2008 at 11:08 am | In Islam | No Comments | Edit this post

Anas Bin Malik r.a. ialah seorang shahabat yang paling dekat dengan Rasulullah SAW, karena sejak kecil telah diserahkan ibunya untuk jadi khadim Rasulullah SAW sejak berusia sepuluh tahun. Beliau juga melayani Rasulullah SAW selama kurang lebih sepuluh tahun. Oleh karena itu, wajar jika Anas termasuk shahabat yang banyak meriwayatkan hadits, hapalannya yang sangat kuat, lagi pula usianya yang panjang.

Di zaman Abu Bakar r.a., Anas diangkat menjadi petugas daerah untuk Bahrain. Beliau berhasil membangun Bahrain hingga wafat di Bashra sebagai shahabat yang terakhir wafat di sana. Menurut sebagian riwayat, Anas meninggal pada usia 107 tahun, tapi ada juga yang berpendapat 91, 92 dan 93 tahun.

Nashihat dari Beliau diantaranya adalah Hadits tentang cabang iman sbb:

“Tidak sempurna iman seseorang sehingga aku (Rasulullah SAW) lebih dia cintai dari orang tua dan anaknya serta manusia lain pada umumnya” (H.R. Bukhari-Muslim dan Anasai)

Kecintaan kepada Rasulullah SAW berdasar hadits ini harus melebihi cinta pada yang lainnya. Cinta pada Rasulullah SAW berbeda dengan kecintaan kepada anak dan keluarga. Cinta kepada Rasul adalah mendahulukan ketaatan padanya dan melakukan perbuatan yang sesuai dengan aturannya.

Cinta pada Rasul juga berbeda dengan cinta pada isteri. CInta pada isteri atau suami akan disertai dengan syahwat, cinta kepada Rasul justru harus mengalahkan syahwat.

“Ya Allah karuniakan kepada kami kecintaan kepada-Mu, kecintaan kepada Rasul-Mu dan kecintaan kepada orang-orang yang mencintai-Mu”
(dari asmaf.wordpress.com atas izin penulis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar